Evaluasi Pembangunan LRT Jabodebek, Luhut Minta Pelaksana Kejar Target

Kompas.com - 04/05/2021, 17:37 WIB
Aktivitas pekerja LRT di lintas 2 Cawang-Kuningan Dukuh Atas di Jalan Rasuna Said - Setiabudhi, Jakarta, Senin (17/6/2019). PT Adhi Karya (Persero) Tbk memastikan, pengerjaan LRT Jabodebek akan rampung dan beroperasi pada pertengahan 2022 mendatang. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAktivitas pekerja LRT di lintas 2 Cawang-Kuningan Dukuh Atas di Jalan Rasuna Said - Setiabudhi, Jakarta, Senin (17/6/2019). PT Adhi Karya (Persero) Tbk memastikan, pengerjaan LRT Jabodebek akan rampung dan beroperasi pada pertengahan 2022 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan evaluasi terkait perkembangan pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Hingga akhir April 2021, progres konstruksi prasarana LRT Jabodebek telah mencapai 86,67 persen. Ia pun berharap agar semua pihak dapat mengejar target pembangunan yang mengalami keterlambatan.

“Diperlukan langkah nyata percepatan untuk mengejar ketertinggalan dan merealisasikan target progres konstruksi di tahun 2021,” ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Kunker ke Malang, Luhut Janji Bangun LRT hingga Kereta Gantung

Secara rinci, pada progres pembangunan per lintas halte Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur telah mencapai target.

Namun progres berdasarkan item prasarana, pada prasarana utama yakni stasiun dan lintas, serta pekerjaan sekunder masih kurang sekitar dua persen dari target.

Sementara progres depo secara keseluruhan telah mencapai 33,45 persen dari target 33,17 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan, Septian Hario Seto menambahkan, bahwa memang perlu peningkatan koordinasi antar semua pihak untuk mendorong pembangunan LRT Jabodebek.

“Perlu ditingkatkan koordinasi dalam pelaksanaan integrasi persinyalan, agar seluruh item pengujiannya terdefinisi dengan jelas, sehingga durasinya dapat direncanakan dengan baik,” jelas dia.

Baca juga: Menhub Tawarkan Proyek LRT, MRT, hingga Bandara Didanai LPI

Evaluasi terkait pembangunan LRT Jabodebek dipastikan akan dilakukan secara berkala. Evaluasi selanjutnya dilakukan setelah Lebaran dan diharapkan seluruh pihak bisa mempercepat ketertinggalan target.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.