Tarik Setoran Lunas Haji 2021 Bisa Tetap Berangkat 2022, Ini Caranya

Kompas.com - 05/06/2021, 17:05 WIB
Cara Refund Dana Haji Reguler, Khusus, dan Pelimpahan Porsi KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Refund Dana Haji Reguler, Khusus, dan Pelimpahan Porsi


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk kembali membatalkan pemberangkatan jemaah pada penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M.

Atas kebijakan ini, para calon jemaah haji bisa menarik lagi setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang telah dibayarkan.

Hal ini ditegaskan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M yang ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Baca juga: Batal Berangkat Tahun Ini, Calon Jemaah Haji Bisa Refund atau Tunda Keberangkatan

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU) Ramadan Harisman, lebih lanjut menyampaikan tata cara penarikan dana haji yang sudah dibayarkan calon Jemaah.

Calon jemaah haji batal berangkat tahun ini dan sudah melunasi Bipih, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (5/6/2021).

“Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 1443 H/2022 M,” sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cek Daftar Tunggu Haji Tercepat, Daerah Mana Saja?

Terdapat 7 tahapan pengembalian setoran pelunasan. Masing-masing tahapan memiliki lama waktu pengurusan berbeda.

“Seluruh tahapan ini diperkirakan akan berlangsung selama sembilan hari. Dua hari di Kankemenag Kab/Kota. Tiga hari di Ditjen PHU. Dua hari di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Dan, dua hari proses transfer dari Bank Penerima Setoran ke rekening jemaah,” jelas Ramadan.

Berikut ini cara menarik uang setoran pelunasan biaya haji tanpa menghilangkan status keberangkatan untuk tahun 2022.

1. Pengajuan permohonan

Tahapan pertama yang harus dilakukan untuk menarik setoran biaya haji adalah, jemaah mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis.

Baca juga: Daftar Sekarang, Kapan Calon Jemaah Haji Asal Jakarta Bisa Berangkat?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.