Kompas.com - 18/10/2021, 13:49 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
Penulis Mutia Fauzia
|


BEIJING, KOMPAS.com - Ekonomi China hanya tumbuh 4,9 persen pada kuartal III-2021 ini.
Dilansir dari CNN, Senin (18/10/2021) kinerja pertumbuhan ekonomi China tersebut merupakan yang terlemah sejak Beijing masa ekspansi tahun ini.

Beberapa faktor yang menyebabkan pelemahan pertumbuhan ekonomi tersebut yakni krisis energi yang dialami China, disrupsi pada rantai pasok, dan krisis utang yang terjadi di sektor properti.

Sementara itu, pada kuartal II-2021 lalu, pertumbuhan ekonomi China tercatat mencapai 7,9 persen (year on year/yoy).

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kinerja pertumbuhan ekonomi pada kuartal kali ini juga tercatat melemah. Tahun lalu, kinerja pertumbuhan ekonomi China juga tercatat sebesar 4,9 persen (yoy).

Baca juga: Bank-bank Raksasa Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi China, Mengapa?

Data dari Biro Nasional Statistik China tersebut menunjukkan, ekonomi China saat ini terdampak beragam tantangan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

China saat ini tengah dihadapkan pada krisis energi yang menyebabkan pemutusan hubungan listrik. Hal itu juga berdampak pada kinerja pabrik yang terpaksa harus menghentikan produksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Krisis energi dipicu oleh permintaan proyek konstruksi yang meningkat di awal tahun yang membutuhkan bahan bakar fosil ketika di sisi lain, pemerintah China sedang mengejar target ambisius untuk mengurangi emisi karbon.

Beberapa pabrik telah mengurangi shift kerja karena ada penjatahan listrik. Harga batu bara pun kini mencapai rekor tertinggi.

Krisis utang yang dipicu oleh konglomerat prooperti China, Evergrande, pun meningkatkan kekhawatiran mengenai kemungkinan dampaknya yang bakal meluas ke beragam sektor ekonomi lain.

Saat ini, sektor properti dan industri terkait lain memiliki kontrobusi sebesar 30 persen terhadap perekonomian China.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.