Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Dibobol, KAI Commuter Batasi Akses ke Jaringan Internal

Kompas.com - 03/07/2024, 12:43 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter Indonesia (KCI) mengonfirmasi bahwa database pengguna sempat diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

VP Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan, pihaknya akan melakukan investgasi secara mendalam untuk menelusuri dan menangani peretasan sistem tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pembatasan akses melalui jaringan intranet sebagai salah satu langkah penanganan.

Baca juga: KCI Kantongi Pendapatan Rp 88 Miliar Selama Periode Angkutan Lebaran 2024

Ilustrasi KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.SHUTTERSTOCK/BANGKIT'S GALERY Ilustrasi KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"KAI Commuter akan mengusut tuntas atas kejahatan ini. Untuk langkah lebih lanjut KAI Commuter akan bekerja sama dengan pihak berwajib mengusut kasus tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (3/7/2024).

Dia menyebut, pasca peretasan data tersebut, seluruh sistem operasional IT KCI maish berjalan dengan baik.

Anne juga memastikan seluruh database penumpang aman lantaran KCI telah mengimplementasikan ISO 27001:2013 sebagai standarisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Standarisasi keamanan ini juga secara berkala dilakukan audit oleh auditor independen untuk memastikan keamanan dalam penerapannya.

Baca juga: Soal Kenaikan Tarif KRL Jabodetabek, KCI Tunggu Restu Kemenhub

"KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan kemanan siber dalam penerapan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat dalam menggunakan Commuter Line," tuturnya.

Peretasan dilakukan pakai akun pegawai

Sebagai informasi, Manager Public Relation PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter, Leza Arlan mengakui peretasan data tersebut menggunakan salah satu akun pegawai KAI Commuter untuk mengakses basis data pegawai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com