5 Sektor Ini Dapat Perpanjangan Insentif Pajak hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 09/07/2021, 19:04 WIB
ilustrasi pajak, Apa yang dimaksud dengan pajak, manfaat pajak, fungsi pajak, dan jenis pajak? Pajak adalah pungutan negara kepada wajib pajak. businessinsider.comilustrasi pajak, Apa yang dimaksud dengan pajak, manfaat pajak, fungsi pajak, dan jenis pajak? Pajak adalah pungutan negara kepada wajib pajak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperpanjang lima insentif pajak hingga akhir tahun 2021. Semula, insentif ini berakhir pada bulan Juni sesuai dengan PMK Nomor 9/PMK.03/2021.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, tiga di antara lima insentif pajak tersebut tidak diberikan untuk seluruh sektor.

Hanya sektor yang belum pulih saja yang akan diberikan insentif kembali. Tiga insentif yang dimaksud adalah PPh Pasal 22 impor, pengurangan angsuran PPh pasal 25, dan restitusi dipercepat PPN.

Baca juga: PPKM Darurat, Ini Ragam Bansos yang Digelontorkan Pemerintah

"Apa kriterianya? Ini adalah sektor yang terdampak sangat dalam oleh pandemi pada 2020 sampai sampai sekarang," kata Febrio dalam taklimat media secara virtual, Jumat (9/7/2021).

Febrio menuturkan, insentif hanya diberikan kepada sektor yang pemulihannya memiliki dampak besar kepada masyarakat.

Sektor-sektor tersebut pun masuk dalam kategori slow starter. Dengan kata lain, sektor usaha membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama dan sangat bergantung pada pemulihan mobilitas masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Febrio lantas menyebutkan beberapa sektor yang bakal diberikan perpanjangan insentif, yakni jasa pendidikan, jasa kesehatan, sektor angkutan darat, air, dan udara, penyediaan akomodasi, serta sektor konstruksi.

"Sektor ini berdampak sangat besar pada perekonomian dan tenaga kerjanya juga sangat besar," tutur dia.

Sedangkan dua insentif pajak lainnya, yaitu PPh pasal 21 DTP dan PPh UMKM DTP akan diberikan kepada semua sektor hingga akhir tahun 2021.

"PPh pasal 21 DPT untuk semua sektor pada karyawan, dan PPh UMKM DTP juga semua sektor. Dua (insentif) ini untuk semua sektor," pungkas Febrio.

Baca juga: Pemerintah Janjikan Insentif Pajak untuk Barang-barang yang Selama Ini Kena PPN

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.