Kompas.com - 06/08/2021, 21:05 WIB
Ilustrasi GrabFood Dok. GrabFoodIlustrasi GrabFood
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - GrabFood menyelenggarakan GrabNEXT, konferensi inovasi bisnis F&B tahunan kedua bagi mitra merchant. Konferensi dilakukan sebagai bentuk komitmen dalam mempertahankan inisiatif pemberdayaan untuk UMKM Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengungkapkan, dalam acara tersebut Grab meluncurkan laporan tren kuliner pertama yang menampilkan tren lanskap kuliner online, dan insight bisnis untuk membantu para pelaku bisnis memahami kebutuhan konsumen yang terus berubah dengan lebih baik.

“Acara GrabNEXT ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan bisnis merchant, membawa pertumbuhan bisnis ke level berikutnya, agar bisnis kuliner tetap relevan dengan berbagai tren dan kebutuhan konsumen yang terus berubah,” ujar Neneng secara virtual, Jumat (6/8/2021).

Neneng mengatakan, pada tahun 2020 sebanyak 600.000 UMKM secara regional bergabung untuk pertama kalinya di platform Grabfood dan Grabmart. Di dalam survei, dia bilang 33 persen dari mitra merchant merupakan palaku usaha yang baru pertama kali berjualan online.

Baca juga: Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Dapat Tabungan Reksa Dana Senilai Rp 300 Juta

Namun Neneng juga mendapati pertumbuhan nilai transaksi merchant UMKM naik 31 persen pada 2020. Melalui pertumbuhan tersebut, Grab menginisiasikan GrabNEXT, sebagai bentuk komitmen dalam mempertahankan inisiatif pemberdayaan UMKM Indonesia.

“Di Indonesia, mulai tahun ini Grab meluncurkan inisiatif yang ditujukan membantu mitra merchant melalui periode yang menantang seperti program Apresiasi Mitra, Duta Perwira, informasi dan edukasi, serta solusi pemasaran,” ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apresiasi yang diberikan kepada mitra merchant berupa cashback dari total pendapatan di platform GrabFood. Melalui program tersebut, cashback yang diperoleh mitra merchant yang berpartisipasi akan diberikan berdasarkan performa bulanan.

Sementara program Duta Perwira yaitu perkumpulan wirausaha. Grab melakukan pendekatan komunitas mitra merchant di platform GrabFood agar dapat berbagi belanja dan menginspirasi satu sama lain sehingga mnjadi pemimpin komunitas wirausaha di bidang kuliner.

“Hari ini sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan informasi dan edukasi , kami meluncurkan laporan tren kuliner pertama kami, khusus untuk para mitra merchant Grab,” jelas dia.

Baca juga: Menkominfo: Pemerintah Libatkan Para Ahli Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.